Rolles Herwin

Data | Business Development | Startup | Teaching

Saturday

28

February 2015

0

COMMENTS

Recruitment : Tak ada Rotan, akar pun jadi

Written by , Posted in My Blog, Office Life

Pepatah lama “tak ada rotan, akarpun jadi” acap kali kita dengar dari jaman batu (dulu) sampai saat ini, kesan yang dimunculkan sedikit menggelitik pemikiran saya, apakah pola pemikiran seperti itu masih berlaku dalam organisasi modern saat ini?

Kadang, dalam merekrut karyawan baru, semua organisasi ingin mencari kandidat yang terbaik, semua berlomba mencari kandidat dengan IPK tertinggi dengan harapan selangit, namun kerap kali lamaran yang masuk tidak sesuai espektasi perusahaan. Dengan dibumbui sedikit rasa frustasi, akhirnya perusahaan pun mulai melakukan seleksi pada kandidat yang dianggap “kurang” tadi, dan mereka mendapatkan “kandidat yang terbaik” dari yang tidak mereka harapkan. Lucu bukan?

Dengan sedikit menyemangati diri sendiri, recruiter pun berkata “tak ada rotan, akarpun jadi“. Bisa anda bayangkan, bagaimana bila kursi rotan yang ingin anda buat kekurangan bahan rotan? lalu anda memasukkan “akar” sebagai pengganti rotan tadi. pertanyaannya, berapa lama akar itu bertahan? akankah nilai jual akar sama dengan rotan? bagaimana anda melihat kursi yang terbuat dari rotan dan akar? apakah orang lain akan mengakui akar itu sebagai rotan?.

Sebagai pengrajin, bila anda tidak mampu mendapatkan rotan Grade A, maka anda harus mencari rotan Grade B, Betul?, namun Grade B tadi tetap rotan bukan akar. Demikian halnya perlakuan dalam organisasi, bila anda tidak mampu mendapatkan fresh graduate negeri dengan IPK 3.75, anda tinggal menurunkan saja standarnya menjadi 3.5, Clear sampai disini?

Rotan tidak akan memiliki nilai jual bila anda pasangkan dengan akar, demikian halnya akar, tidak akan mampu menahan tekanan dari rotan. keduanya baik untuk tujuan dan tempat yang berbeda. Carilah kandidat “terbaik” yang sesuai dengan kebutuhan organisasi anda. Tempatkan diposisi yang tepat, agar bisa menopang beban sesuai dengan kemampuannya.

Tidak ada rotan, yah tetap harus cari rotan!!

 

About ROLLES HERWIN – Business Development | Startup Development | Loyalty Program

The life of a project, from conception to execution, is a passion of mine. From a simple Tweet to an entire undertaking of a new department, I enjoy it all.

I am passionate about product developmentstartup development, creating product from concept and teaching.

I can be reached at hello@rollesherwin.com or 0813.30.632.632 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *